Tips Cara Mengatasi Maag Kronis

Kesehatan merupakan nikmat yang paling sempurna karena kesehatan adalah sebagian harta paling berharga di bandingkan dengan kenikmatan yang lain. Oleh sebab itu kita perlu menjaga kesehatan itu dengan berbagai macam cara,dan salah satunya adalah lambung kita sesai dengan anjuran baginda Nabi muhamad menginstruksikan agar selalu menjaga kesehatan lambung anda karena merupakan pangkal tumbuh kembang penyakit,atau sumber terjadinya penyakit.

Penyebab sakit maag sering tidak diperhatikan penderitanya, sehingga pada saat penyakit maag menyerang akan sulit disembuhkan karena apa yang menjadi penyebab sakit maag tidak dipantang. Secara umum penyakit maag sangat berhubungan dengan asam lambung. Pada dinding lambung terdapat kelenjar- kelenjar mukosa yang mengeluarkan cairan enzim dan asam lambung, yang akan menghaluskan makanan pada saat dihancurkan atau dicerna oleh lambung. Sebenarnya tubuh sangat membutuhkan asam lambung dalam rangka penyerapan zat gizi oleh tubuh agar lebih optimal.


Berikut ini adalah tanda - tanda sakit maag atau gejala maag yang biasa dirasakan oleh penderita penyakit maag diantaranya.

    Sering Sakit saat buang air besar
    Mual dan muntah
    Sering merasa lapar
    Perut kembung
    Nyeri yang terasa perih pada perut dan dada
    Sering bersendawa

Berikut ini adalah beberapa Tips Cara Mengatasi Maag Kronis yang sudah kami lakukan untuk menjaga agar kondisi perut lebih Sehat dan penyakit maag tidak kambuh lagi apalagi menghadapi bulan suci Ramadhan walaupun sebenarnya lebih sehat dibanding di waktu tidak berpuasa.

    Makan teratur dengan porsi yang wajar.
    Walaupun Kesibukan dan di luar jam makan, apabila perut terasa lapar, tetap harus makan.
    Tetap konsumsi makanan yang bergizi seperti buah – buahan dan sayuran.
    Hindari stress.
    Hindari makanan yang pedas, asam dan hindari konsumsi kopi berlebihan. Banyak minum air putih, rutin setiap hari.
    Olah raga teratur dan istirahat cukup.

Ada banyak sekali jenis makanan yang merupakan pantangan sakit maag yang harus dihindari, seperti kami sampaikan berikut ini :

1. Makanan yang banyak mengandung gas (seperti lemak, sawi, kol, nangka, pisang ambon, kedondong, buah yg dikeringkan dan minuman bersoda).

2. Makanan yang merangsang produksi asam lambung (seperti kopi, minuman beralkohol 5-20%, anggur putih dan sari buah sitrus).

3. Makanan yang sulit dicerna seperti makanan berlemak, kue tart, keju.

4. Makanan yang merusak dinding lambung seperti cuka, pedas, merica dan bumbu yg merangsang.

5.Makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah seperti alkohol, coklat, makanan tinggi lemak dan gorengan.

 6. Makanan sumber karbohidrat seperti beras ketan, mie, bihun,serta dodol.

Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua semoga tips beriktnya bisa kami sampaikan di lain waktu dan kesempatan Salam Sukses Dan sehat selalu untuk kita semua.